contoh kasus H.perdata internasional, berdasarkan fakta yang terjadi

Penggunaan nama "perez" kepada julia perez, pasca perceraian

Kronologis:

yulia rahmawati(jupe) , menikah dengan Damien perez diperancis pada tanggal 7 oktober 2002, meski telah lama menikah, keduanya belum dikaruniai seorang anak.

jupe dikabarkan sempat hamil, namun pada usia kandungan 1 bulan, ia mengalami keguguran pada tahun 2007
Pada beberapa kesempatan, jupe menyatakan bahwa dirinya ingin menunda memiliki momongan, dan ingin fokus terhadap kariernya.

kemudian, pernikahannya dengan Damien mulai mendapat cobaan.

Usut punya usut, jupe dan Damien tetap terikat dalam suatu pernikahan, namun jupe memilih untuk pulang ke tanah air untuk melanjutkan kariernya sebagai artis.

Sesampainya di indonesia, jupe terlihat dekat dengan pesepakbola gaston castano.

Bahkan jupe telah berani pergi liburan bersama gaston, dan tampak seperti layaknya pasangan kekasih.

Hal inilah yang membuat suami jupe ( damien) ingin bercerai.

Namun, setelah mereka bercerai pada tahun 2009, jupe merasa digantung status pernikahannya oleh pengadilan perancis.

Sampailah pada 2013, pengadilan perancis mengirimkan surat perceraiannya melalui kedubes perancis di indonesia.

Hal inilah yang ditunggu2 oleh jupe selama bertahun2 menunggu hadirnya surat tersebut.

Permasalahannya:

Setelah perceraiannya dengan Damien perez, jupe sempat terkena gugatan penggunaan nama keluarga "perez" oleh mantan suaminya (Damien perez).

Damien perez menganggap bahwa nama "perez" lah yang membuat jupe semakin terkenal.

Lalu, pihak Damien membolehkan jupe memakai nama "perez", asalkan jupe membayar Royalti sebesar 1 Miliar Rupiah kepada keluarga perez setiap tahunnya.

" 1 Miliar? Terlalu mahal untuk membayar sebuah nama, Gila!!??" ujar jupe.

Jupe menampik, bahwa dulu dia (Damien) yang memaksa saya untuk memakai nama perez, dan saya ogah, eh pas cerai, dia meminta lagi namanya, pungkas jupe.

Inikan bukan masalah harus ganti nama, ini perjuangan saya selama berkarier di indonesia, dan saya tak mau menyia-nyiakan hal ini.

Yang membuatnya bingung, mengapa mantan suaminya bersikeras menyuruhnya meninggalkan nama perez. Padahal saat bercerai, ia (jupe) tak sepersen pun meminta apa-apa kepada Damien.

Pakar hukum, agustinus pohan berpendapat " nama resmi seseorang, yang berlaku, hanya yang sesuai tertulis didalam dokumen, yakni "akta kelahiran".

Sehingga, dengan kasus ini, nama sahnya ialah yulia rahmawati, kalaulah kemudian pemilik nama "perez" ini keberatan, tentu bisa saja mereka menuntutnya.

Soal pakai nama tersebut (perez) dalam pergaulan, terserah dia (jupe), tapi, kalau mantan suaminya keberatan, ya bisa saja diminta untuk dihilangkan, silahkan saja kejalur hukum, karena jupe enggak berhak pake nama tersebut.ujar Agustinus Pohan.

Dan, apabila segala perjanjian atau kontrak yang menggunakan nama "julia perez", bisa atau bahkan tidak memiliki kekuatan hukum.

Karena secara hukum, baik itu perjanjian maupun kontrak, haruslah menggunakan nama yang sesuai dengan akta kelahiran.

Jupe mengatakan " sangat berat rasanya untuk mengganti sebuah nama, karena masyarakat indonesia sudah akrab dengan panggilan ini dan beberapa usaha miliknya (jupe) juga memakai nama saya juga" pungkas jupe.

Penyelesaiannya:

Jupe mendapat surat panggilan dari pengadilan perancis, atas gugatan yang diberikan oleh pihak Damien perez, atas penggunaan nama perez.

Yang mana isinya terdapat tuntutan dari pihak Damien, agar jupe harus membayar royalti kepada Damien sebesar 1 miliar rupiah, sebagai royalti atas penggunaan nama "perez" tersebut.

Jupe menyatakan bahwa dirinya sudah menyerahkan kasus tersebut ke pengacaranya dan sedang dibahas lebih lanjut.

Setelah pihak jupe telusuri, banyak kejanggalan-kejanggalan, bahwa sebuah nama "Perez" itu, dengan mudahnya dipakai oleh seseorang.

Agustinus menegaskan, bahwa proses hukum tersebut, tak perlu dilakukan di pengadilan perancis, cukup penanganannya di indonesia saja.

Setelah jupe menyelesaikan kasus tersebut, jupe lah yang memenangkan perkara tersebut.Dengan dalih, bahwa nama "perez" tersebut, dapat dengan mudah dicaplok orang.Dia pun (jupe) kembali melanjutkan kariernya seperti biasa.

Comments

Popular posts from this blog

trik jitu mengurai kemacetan di simcity buildit tanpa biaya sepersen pun

macam, jenis atau bentuk penafsiran hukum (interpretasi hukum) beserta contoh